Aku memanggil beliau Bapak, ayah paling hebat sedunia.. versi aku. Hari ini tepat 371 hari beliau kembali menghadap sang Khalik.

Ada satu cerita tertinggal yang disampaikan Ibu waktu aku mengunjunginya 2 minggu yang lalu.
Cerita tentang catatan hasil lab bapak yang Ibu temukan waktu Ibu merapikan dokumen-dokumen Bapak, dan salah satunya ditemukan hasil lab Bapak waktu itu, jauh sebelum Bapak meninggal.

Ketiga dada Bapak sering sakit, Ibu ‘memaksa’ beliau untuk check dokter. Saya masih sangat ingat, beliau menyampaikan kalau hasil lab-nya baik baik saja, tidak ada masalah.. (mungkin benar dan tidak bohong yang beliau maksud test EKG (Electrokardiografi ?)), hasil test EKG kata dokter bagus, tetapi terkait hasil lab darah terkait trigliserida, beliau tidak pernah cerita (atau aku anak beliau yang tidak perhatian ?😦 ), aku baru tahu hampir setahun setelah beliau kembali kepada-Nya.

Di lembar hasil lab tersebut tercatat trigliserida Bapak tinggi, dan ini baru aku ketahui setelah ibu cerita. Aku meyakini, Bapak tidak menceritakan ke anak/istri beliau agar kami tidak mengkhawatirkan beliau.

Semua sudah terjadi, dan Bapak sudah tenang istirahat disisi-Nya. Allah Maha Kuasa, dan Maha Berkehendak. Kami Ikhlas, semua dalam desain kehendakNya. Saatnya kami meneruskan perjuangan beliau.

“ALLAHUMMAGHFIR LAHU WARHAMHU WA ‘AAFIHI WA’FU ‘ANHU WA AKRIM NUZULAHU WA WASSI’ MUDKHALAHU WAGHSILHU BILMAA`I WATS TSALJI WAL BARADI”

Apa itu trigliserida ?
Dari beberapa sumber disebutkan trigliserida merupakan jumlah lemak yang bersirkulasi dalam darah (singkatnya ‘lemak darah’). Nili trigliserida yang tinggi terkait erat dengan timbulnya penyakit jantung.

Trigliserida disebabkna oleh obesitas, merokok, alkohol, diet tinggi karbohidrat, kelainan genetik dll.
Faktanya, Bapak saya tidak pernah merokok, apalagi alkohol, obesitas juga tidak.. tetapi trigliserida beliau ternyata juga tinggi…artinya yang merasa tidak merokok/tidak minum alkohol, tidak obesitas aman-aman saja dari resiko ini.

Beberapa hal untuk menghindari/mengurangi tingginya trigliserida antara lain :
– jaga berat ideal, hindari alkohol dan rokok.
– hindari makanan dengan lemak jenuh, lemak trans dan kolesterol.
– perbanyak buah dan sayuran.
– lakukan aktifitas fisik 30 menit setiap hari (ini yang mulai males..🙂 )
– kurangi daging dan fast food.

Itu ceritaku mengenai trigliserida, semoga menjadi pelajaran bagi kita yang masih sehat 9atau belum ketahuan penyakitnya ? ), mohon dikoreksi jika ada yang salah.

beberapa link sumber :
http://informasitips.com/trigliserida-lemak-dan-kaitannya-dengan-kolesterol
http://id.wikipedia.org/wiki/Trigliserida